Namun yang saya ingin saya soroti di sini bukanlah permasalahan pengelolaan sampah yang buruk tetapi permasalahan mental masyarakat.

Dilarang Buang Sampah Sembarangan. Sebuah slogan yang tersebar dimana-mana, mulai dari fasilitas umum, instansi, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal kita.

Kita sebenarnya bisa membuat suatu perubahan yang bearti bagi lingkungan khususnya dari masalah sampah dengan langkah kecil dengan membuang sampah pada tempatnya.

Karena apabila telah terbiasa bahkan mempunyai mental membuang sampah pada tempatnya kita akan melangkah pada langkah selanjutnya seperti membuang menurut jenisnya seperti  dan lebih lanjut lagi.

Mungkin yang perlu kita lakukan saat ini adalah mengajak orang-orang sekitar kita untuk mempunyai mental membuang sampah pada tempatnya.

Ada sebuah kalimat yang sebenarnya bisa mengkritik sekaligus menyadarkan kita semua, “Jika Anda bukan orang sembarangan, maka janganlah Anda membuang sampah sembarangan”.

Oke cukup untuk kritiknya.

Jadi, Pandji Prawisudha adalah seorang Asisten Profesor di sebuah perguruan tinggi di Tokyo, Jepang untuk meneliti tentang sampah yang dapat dijadikan bahan bakar.

Silahkan simak video di bawah ini untuk kelanjutan kisahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *